STKIP-PGRI-Pacitan-Adakan-Responsi-bagi-Mahasiswa-Kuliah-Kerja-NyataSTKIP-PGRI-Pacitan-Adakan-Responsi-bagi-Mahasiswa-Kuliah-Kerja-Nyata

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pacitan mengikuti responsi. Agenda tersebut berlangsung di Aula dan UPT Pusat Bahasa kampus setempat.

Indah Puspitasari, M.Pd. selaku penguji menyampaikan terdapat beberapa poin penting yang ditanyakan kepada mahasiswa KKN yang mengikuti responsi.

“Menanyakan program kelompok, kontribusi mahasiswa selama mengikuti KKN, kesan, maupun tantangan yang dijalani selama ini,” ujarnya.

Beliau menuturkan, melalui program KKN yang telah dilaksanakan mampu melatih komunikasi mahasiswa dengan masyarakat sekaligus memperluas jaringan dengan pihak setempat.

“Mereka¬†public speakingnya terlatih dan tentunya menambah kenalan selama kegiatan di sana,” imbuhnya.

Selain itu, mahasiswa KKN juga dilibatkan oleh pihak desa setempat untuk ikut andil dalam kegiatan.

“Ada mahasiswa yang bercerita diajak membuat piring dari lidi oleh ibu-ibu PKK di tempatnya KKN,” tandasnya.

Lebih lanjut, mahasiswa juga menyampaikan masukan terkait kegiatan KKN melalui dosen penguji untuk kegiatan berikutnya.

“Teman-teman menyarankan untuk lokasinya yang jauh dari domisili dan yang tahun ini desanya sudah dijadikan tempat, tahun depan bisa mencari opsi desa lain,” jelasnya.

Sementara itu, Herri Susanto salah satu mahasiswa KKN yang mengikuti responsi mengaku senang sudah menyelesaikan serangkaian kegiatan dengan baik.

“Alhamdulillah program kerja berjalan semua mulai dari program individu maupun kelompok, bahkan program tambahan dari desa juga terlaksana,” kata dia.

Heri berharap dirinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

“Semoga nanti hasilnya bisa sesuai dengan yang sudah saya lakukan,” pungkasnya.

Spread the love