Pemaparan Materi Pelatihan Pembuatan Media Belajar 3D oleh Narasumber (Urip Wahyono, S.Sn., M.SnPemaparan Materi Pelatihan Pembuatan Media Belajar 3D oleh Narasumber (Urip Wahyono, S.Sn., M.Sn

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pacitan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) pelatihan pembuatan media belajar 3 Dimensi.  Berpusat di Gedung Karya Dharma Wanita, Pacitan pada Rabu, (3/1/2024).

Penting bagi mahasiswa memperoleh wawasan terkait penggunaan media pembelajaran. Selain itu, sebagai salah satu langkah mahasiswa dalam beradaptasi dengan berbagai teknologi kemajuan zaman sekaligus keberadaan revolusi industri 4.0 dan society 5.0.

“Mahasiswa dibekali dengan aplikasi Assemblr EDU, semacam reality show,¬†untuk mendukung pembelajaran anak-anak. Ini mencakup topik seperti belajar tentang semut, kendaraan, yang semuanya dapat bergerak melalui aplikasi,” ujar Dr. Mukodi, M.S.I selaku Ketua STKIP PGRI Pacitan.

Lebih lanjut, dengan adanya pelatihan ini mahasiswa diharapkan bisa mengembangkan model pembelajaran yang lebih kreatif bagi siswa-siswi sekolah dasar ke depannya.

Dr. Mukodi, M.S.I saat Memberikan Sambutan dalam Kegiatan PKL Prodi PGSD
Dr. Mukodi, M.S.I saat Memberikan Sambutan dalam Kegiatan PKL Prodi PGSD

“Agar mahasiswa dapat menggunakan beragam media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan prodi masing-masing,” terangnya.

Kegiatan PKL ini dilakukan secara berkala oleh masing-masing program studi di STKIP PGRI Pacitan untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswanya.

“Pelatihan pembuatan media belajar 3D ini merupakan upaya kami untuk mempersiapkan mahasiswa dan membekali mereka dengan keterampilan aplikatif dalam pembelajaran,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Mega Isvandiana Purnamasari, M.Si. menambahkan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan PKL pelatihan pembuatan media belajar 3D berjumlah 61 peserta dari prodi PGSD. Sementara itu, STKIP PGRI Pacitan setiap tahunnya juga menyelenggarakan pelatihan serupa yang melibatkan mahasiswa masing-masing prodi.

“Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menciptakan media pembelajaran yang inovatif dan mendukung proses pembelajaran di era digital,” tandasnya.

Adapun narasumber yang mengisi kegiatan PKL prodi PGSD adalah Urip Wahyono, S.Sn., M.Sn selaku Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) dari Balai Besar Pengembang Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Seni dan Budaya Yogyakarta.

Spread the love