Di tengah perubahan industri yang terus terjadi, calon sarjana harus senantiasa mengembangkan kompetensi dan keterampilan agar bisa bersaing dalam dunia kerja. Mempersiapkan hal tersebut, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pacitan mengadakan Pelatihan Soft Skill bagi Mahasiswa Semester Akhir.
Dalam hal ini, para mahasiswa dibekali Pelatihan Soft Skill tentang Manajemen Pemasaran dan Strategi Branding Produk dengan narasumber Gusti Ayu Ngurah Megawati. Agenda ini berlangsung di Aula STKIP PGRI Pacitan.
Mega menyampaikan dalam manajemen pemasaran dan strategi branding produk perlu mengetahui perbedaan antara marketing dan branding.
“Marketing itu mendatangi konsumen untuk menawarkan produk, sementara branding mendatangkan konsumen yang mau beli produknya,” ungkapnya.
Sebagai seorang pebisnis, harus mengikuti perkembangan zaman guna memahami perilaku konsumen agar bisnis yang dijalankan tetap mampu bersaing dengan yang lain.
“Karena konsumen nggak cuma mau dipenuhi kebutuhannya tapi juga keinginannya secara emosional,” tandasnya.
Founder gula aren temon Pacitan tersebut menambahkan dalam membranding produk target perilaku menjadi poin penting untuk diperhatikan karena yang menjadi sasaran adalah perilaku konsumen.
“Kaitkanlah produkmu dengan perilaku konsumen, misalnya kopiko menyasar ritual harian ngopi dan ngantuk,” terangnya.
Lebih lanjut, beliau menyampaikan dalam membangun sebuah bisnis diperlukan langkah-langkah strategis yang harus diperhatikan agar usahanya sukses.
“Start with why, ramu produkmu, target market, positioning, team building,” pungkasnya.