Lulusan-Pendidikan-Bahasa-dan-Sastra-Indonesia-Punya-Banyak-Peluang-Selain-Jadi-GuruLulusan-Pendidikan-Bahasa-dan-Sastra-Indonesia-Punya-Banyak-Peluang-Selain-Jadi-Guru

Mahasiswa yang memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) tidak hanya menjadi guru atau seorang pendidik. Namun, masih banyak profesi yang bisa ditekuni. Seperti halnya mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) ini, selain menjadi guru Bahasa Indonesia juga bisa menjadi seorang penyiar radio.

Dengan adanya program magang merdeka yang diluncurkan beberapa waktu lalu oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pacitan, dapat meningkatkan kualitas lulusan utamanya bagi mahasiswa yang berkesempatan mengikuti program magang sesuai dengan jurusannya.

“Alhamdulillah, saya sangat senang sekaligus bangga. Karena dengan adanya program magang sesuai jurusan ini menjadikan mahasiswa mengenal dunia kerja dan belajar membuka diri,” ucap Siti Ramadhani selaku mahasiswa magang di Radio Suara Pacitan (RSP).

Selain itu, ia merasa beruntung bisa belajar mengembangkan diri di bidang penyiaran untuk memperkaya kompetensi diri meskipun dalam waktu yang singkat.

“Senang sekali bisa berkesempatan magang di Radio Suara Pacitan. Karena Radio ini merupakan salah satu sumber informasi Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Siti menyampaikan mahasiswa magang disambut dengan baik oleh pihak RSP, sekaligus lingkungan tempatnya magang sangat mendukung sehingga menjadikannya kerasan.

“Saya sangat tertarik dengan tempat magang ini, dan kalau berbicara tentang passion mungkin lebih pada praktik siarannya sedangkan untuk pengoperasian alat siaran belum begitu menguasai,” tandasnya.

Melalui program magang merdeka ini semoga bisa membuka wawasan bagi para mahasiswa lulusan Sarjana Pendidikan bahwa banyak sekali profesi dan peluang yang bisa diambil selain menjadi seorang guru.

“Harapan saya, semoga setelah program magang ini selesai dapat menumbuhkan motivasi kepada para mahasiswa tentang semangat kerja, artinya apa, bahwa lulusan prodi PBSI ataupun prodi yang lainnya tidak hanya bisa menjadi guru, namun juga menjadi penyiar radio, jurnalis, pustakawan dsb,” pungkasnya.

Spread the love